PENDATAAN KELUARGA 2021

51
Drs. D. Rusyono, M.Si.

 Oleh Drs. D. Rusyono, M.Si.

Pemerhati Pembangunan Keluarga, Tinggal di Kuningan

BERBICARA pendataan berarti berbicara tentang data. Data merupakan sebuah keniscayaan karena tidak bisa dihindari dalam segala urusan Oleh karena itu data menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa ditawar alias mutlak adanya, terlebih dalam urusan pemerintahan menjadi salah satu prasyarat utama, sekaligus menjadi awal dan akhir dari suatu program/kegiatan (“dari dan kepada data)”. 

Data sendiri merupakan bahan/keterangan, lebih lengkap merupakan kumpulan keterangan atau fakta untuk memberikan gambaran yang luas terkait dengan suatu keadaan, yang hasilnya dapat digunakan sebagai bahan perencanaan dan evaluasi. Sedangkan untuk menjadi sebuah data dilakukan melalui sebuah proses (kata kerja) yaitu dengan cara mendata atau pendataan (MB. Rahimsyah & Satyo Adhie, 2009).

Dari sekian banyak pendataan, salah satunya adalah Pendataan Keluarga yang digawangi oleh BKKBN setiap 5 tahun, yang secara istilah sudah cukup populis, dimana dalam setiap pelaksanaannya selalu disesuaikan dengan situasi dan kodisi kekinian, seperti untuk Pendataan Keluarga Tahun 2021 ini terdapat indikator tambahan yaitu Penanganan/Penurunan Stunting yang dimandatkan kepada BKKBN.

Pengertian dan Ruang Lingkup

Sebagaimana di atas bahwa Pendataan Keluarga adalah kegiatan pengumpulan data primer tentang Kependuduka, KB, Pembangunan Keluarga dan tentang Anggota Keluarga, yang dilakukan oleh masyarakat bersama pemerintah (BKKBN) secara serentak pada waktu yang telah ditentukan setiap lima (5) tahun sekali melalui kunjungan keluarga dari rumah ke rumah dengan cara wawancara dialog canvaser (BKKBN, 2020). Sedangkan untuk aspek penguatannya adalah dinaungi dengan payung hukum yaitu UU N0.52/2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga (PKPK) dan PP No.87/2014 tentang PKPK dan Sistem Informasi Keluarga.  

Adapun kemanfaatan Pendataan Keluarga adalah :

-Sebagai peta sasaran bagi program Bangga Kencana dan pembangunan lain.

-Penentuan program dukungan sesuai dengan kondisi dan situasi kewilayahan.

-Pengukuran indikator kinerja utama (IKU) seperti angka kelahiran, usia kawin dan Indeks Pembangunan Keluarga. Sedangkan sasaran Pendataan Keluarga 2021 terdiri dari ; Keluarga Prioritas dan Keluarga Khusus. Keluarga Prioritas meliputi ; Pasangan suami istri (PUS dan Non PUS), suami-istri dan anak, ayah dan anak atau ibu dan anak. Sedangkan Keluarga Khusus meliputi Seorang diri, Kakek nenek dan cucu, Kakek dan cucu atau Nenek dan cucu.

Sedangkan cakupannya meliputi cakupan angka kelahiran (secara total dan dari usia15-19 th), median UKP wanita dan Indeks Pembangunan Keluarga, atau sebelumnya sering disebut dengan Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga.

Antara Peluang dan Tantangan 

  1. Peluang (opportunity)
  1. Bersifat efidance base (bukti nyata)  
  2. Sebagai bahan input
  3. Bersifat dinamis
  4. Belum tercakup dalam sistem lain
  5. Dapat diidentifikasi (terukur)
  6. Berwawasan teknologi informasi 
  1. Tantangan (Threat)
  1. Harus memberi manfaat bagi pendata/masyarakat dan pemerintah.
  2. Harus dimengerti dan dipakai oleh banyak pihak.
  3. Harus mudah dikontrol
  4. Harus mempunyai daya ungkit terhadap pembangunan
  5. Harus menjadi mempermudah/membantu dalam kebijakan
  6. Harus dapat meningkatkan eksistensi kelembagaan 

Simpulan dan Rekomendasi

Pendataan Keluarga merupakan bagian integral dari program Bangga Kencana, yang dilaksanakan setiap lima (5) tahun sekali, dengan tujuan sebagai media evaluasi capaian kinerja yang sudah dilakukan serta perencanaan kinerja yang akan datang. Sedangkan produk/outputnya  adalah dalam bentuk data basis program.  

Rekomendasi

Karena Pendataan Keluarga Tahun 2021 spesifikasinya cukup tinggi seperti berindikator khusus (tambahan dengan masalah Stunting), maka hasil atau datanya harus dapat menjadi komitmen nasional dan dioperasionalkan secara konsisten.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah pemberian apresiasi kepada seluruh jajaran pelaksana pendataan di semua tingkatan, termasuk Kader Pendata sebagai garda terdepan di lapangan.

Mari Sukseskan Pendataan Keluarga 2021, Jawaban anda akan menentukan dalam Pembangunan Keluarga untuk lima (5) Tahun ke depan. ***