Desa Picungpugur Bangun Arena Bermain Anak

60
Supra/KC ARENA bermain anak Desa Picungpugur, Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, sebagai upaya meningkatkan tumbuh kembang anak-anak desa setempat, Selasa (30/3/2021).*

LEMAHABANG, (KC).-
Pemerintah Desa Picungpugur, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, membangun arena bermain anak.
Kuwu Desa Picungpugur, Dwi Saki mengatakan, pembangunan arena bermain anak di depan balai desa sebagai upaya untuk memberikan kenyamanan anak-anak saat menikmati masa kecil.
“Pembangunan arena bermain anak ini merupakan kebutuhan masyarakat, khususnya anak-anak yang cukup penting guna memberikan fasilitas berinteraksi sosial antar orang tua dan anaknya. Selain lokasi yang strategis di depan balai desa ini, agar mudah dijangkau warga,” katanya, Selasa (30/3/2021).
Pria yang biasa dipanggil Saki ini menjelaskan, dalam proses tumbuh kembang, anak-anak memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi agar bisa bertumbuh kembang secara optimal. Kebutuhan tersebut bukan hanya terkait kebutuhan fisik, namun juga kebutuhan sosial dan psikologis, serta lingkungan yang mendukung berkembangnya semua potensi yang dimiliki.
“Lingkungan yang baik, akan menghasilkan anak yang baik. Kemudian akan berkembang menjadi dewasa dan berada di lingkungan yang lebih luas lagi, yaitu wilayah dan negara serta dunia. Kita tidak dapat mengharapkan adanya sumber daya manusia yang handal, jika lingkungan untuk anak tidak baik,” jelasnya.
Masih dikatakan Saki, kehidupan kampung yang sangat dinamis, menghadirkan berbagai permasalahan dan tantangan. Maka dengan semakin terbukanya teknologi, informasi dan komunikasi mudah diakses semua pihak, tidak terkecuali anak. “Perkembangan kampung yang pesat namun kurang terencana tentu akan menambah risiko anak dalam tumbuh kembangnya. Maka, perlu adanya arena bermain anak,” ujarnya.
Dirinya mengharapkan dukungan masyarakat untuk membangun desa. “Kami ucapkan terima kasih pada seluruh masyarakat dan pihak terkait atas peran serta membangun desa. Semua ini adalah untuk anak-anak kita, yang dalam waktu dekat akan menggantikan kita semua untuk berperan dalam kehidupan dan pembangunan negeri kita,” imbuhnya. (Supra/KC)