Satu-satunya di Jabar, AKMI Suaka Bahari Raih Akreditasi Baik Sekali

63
Direktur AKMI Suaka Bahari Cirebon, Asep Rahmat,S.H.,M.M (Kanan) saat menyerahkan pelakat akreditasi kepada Ketua Pembina Yayasan AKMI Suaka Bahari, Slamet Yahya (Kiri)

CIREBON, (KC Online).-

Atas peringkat akreditasi terbaiknya, Akademi Maritim (AKMI) Suaka Bahari melaksanakan kegiatan syukuran yang dilaksanakan di Kampus  AKMI setempat, Jalan Jendral Sudirman, Ciperna Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Rabu (24/3/2021

Perguruan tinggi (PT) kemaritiman ini telah menerima dua akreditasi yang memenuhi persyaratan peringkat “Baik Sekali” dari Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BPN-PT) dengan No. 1465/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/III/2021, dan akreditas terbaik yang disematkan pada peringkat AKMI dengan No. 1000/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/II/2021.

Tak hanya itu, bertepatan dengani rasa syukurnya atas akreditasnya, AKMI Suaka Bahari Cirebon melangsungkan upacara pelepasan bagi lebih dari 100 orang perwira muda, serta penyerhan Certificate Of Competency (COC) dan Certificate Of Endorsement (COE) ahli nautika tingkat III dan juga ahli  teknika tingkat III.

“Meski tidak mudah untuk bisa mencapai prestasi ini, namun akhirnya kita bisa melewatinya dengan baik, sesuai dengan target yang telah kita susun dalam Rencana Strategi AKMI Cirebon tahun 2021. Karenanya, pada seluruh civitas akademi yang telah mengantarkan pencapaian prestasi kami menyampaikan banyak terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya. Mari kita sama-sama bisa menjaga spirit maupun marwah para pendiri perguruan tinggi AKMI ini,” ungkap Direktur AKMI  Suaka Bahari Cirebon, Asep Rahmat, SH, MM dalam kata sambutannya.

Pola akreditasi yang dijalani AKMI Suaka Bahari Cirebon berbeda dengan pola sebelumnya yang masih dilakukan pada 7 standardisasi, pola baru sudah menggunakan 9 kompetensi, dengan tidak lagi menggunakan  model A  B, dan C. Namun, dengan regulasi 4.0 menekankan pada pelaksanaan dan auditor tata kelola perguruan tinggi yang didasarkan pada Standardisasi Nasional Perguruan Tinggi.

“Prestasi yang telah kita raih ini, merupakan akreditasi dengan model 9 kompetensi, dan tdak lagi menggunakan model A,B dan C. Namun, AKMI telah diakreditasi dan diaudit sehingga mendapat predikat sangat baik sekali, sesuai dengan akreditasi program study 4.0,” tutur Asep Rahmat.

Keberadaan kampus  AKMI Suaka Bahari yang lokasinya berada di wilayah Cirebon ini, lanjut Asep, telah meraih predikat akreditasi tidak hanya dalam hal Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan juga Kepelabuhan. Karenanya, dengan diraihannya prestasi satu-satunya di Jabar ini, Asep sangat berharap, ini  tidak hanya akan memberikan manfaat bagi peserta didik AKMI, lebih dari itu manfaatnya juga akan dirasakan oleh kalangan masyarakat Cirebon.

“Dengan adanya pengakuan akrediritas ini juga tentunya akan memberi dampak terhadap para pserta didik dalam mendapatkan kesempatan kerja. Terlebih, dalam mendapatkan kesempatan kerja, itu syarat formalnya harus memiliki akreditasi dari kampus perguruan tinggi, sebagaimana yang telah dimiliki kami ini,” ujar Asep.

Lebih lanjut Asep mengatakan, dalam upaya menciptakan lapangan kerja baru bagi peserta didiknya pihaknya telah menjalin kerja sama tidak hanya dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, juga dengan beberapa institusi swasta lainnya.

“Termasuk dengan Pelabuhan Patimban, Subang Jabar. Di sana diperkirakan akan menyerap lebih dari 4,5 juta tenaga kerja. Dan untuk pelabuhan ini, kami berharap bisa berkontribusi mengisi ruang-ruang kompetensi yang diisi oleh 300 orang alumni dari AKMI Cirebon,” tambah Asep.(Epih)