Takut Tertular, Tak Ada Pedagang di Tradisi Muludan

7
LURAH Kesepuhan, Ikhwan Izzuddin bersama pihak Babinsa dan yang lainnya saat melakukan sosialisasi protokol kesehatan, 3M dan pembagian masker terhadap warga di lingkungan alun-alun Keraton Kesepuhan, Kelurahan Kesepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jumat (16/10/2020).* Jaka/KC

CIREBON, (KC Online).-

Satuan Percepatan Penanganan Covid-19 Tingkat Kelurahan Kesepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, menggelar sosialisasi protokol kesehatan, 3M dan pembagian masker dengan berkeliling wilayah RW 01 serta titik keramaian seperti Keraton Kesepuhan.

Sosialisasi tersebut dikomandoi Lurah Kesepuhan, Ikhwan Izzuddin dan diikuti perangkat kelurahan lainnya, puskesmas setempat, kader RW, ketua LPM, Satlinmas, Babinsa, Babinkamtibmas dan semua elemen di wilayah tersebut, Jumat (16/10/2020).

Lurah Kesepuhan, Ikhwan Izzuddin mengatakan, Satgas tingkat kelurahan dan tingkat RW sudah terbentuk, sudah ada SK-nya dan sudah ditandatangani Camat Lemahwungkuk, sehingga pihaknya membuat jadwal sejak tanggal 5-16 Oktober untuk melakukan sosialisasi dan edukasi terkait protokol kesehatan.

“Misalnya kalau bepergian memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, 3M  di wilayah Kelurahan Kesepuhan. Sosialisasi tersebut akan dilakukan dari RW 01 hingga RW 09 dengan harapan masyarakat semakin patuh terhadap protokol kesehatan dan melaksanakan 3M. Kita upayakan agar masyarakat patuh terhadap apa yang kita sosialisasikan agar kasus Covid-19 di Kota Cirebon berkurang dan tentunya agar masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa,” katanya.

Dijelaskan dia, sosialisasi juga termasuk adaptasi kebiasaan baru (AKB) karena selama wabah Covid-19 bulum ada obatnya. Obat saat ini adalah 3M tersebut. Terkait warga yang terpapar, Kata Ikhwan beberapa waktu lalu ada beberapa warga yang terpapar, namun hanya di RW 01 tidak ada warga yang terpapar.

Namun demikian, lanjut dia, warga tersebut sudah melaksanakan isolasi mandiri dan selanjutnya warga tersebut sudah dinyatakan negatif, sehingga wilayah Kesepuhan sudah menjadi zona biru dan akan mengejar ke zona hijau.

Menurut Ikhwan, sosialisasi juga berkaitan dengan tradisi muludan di Keraton Kesepuhan dalam menjelang momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. Karena biasanya mengadakan adat seperti “Panjang Jimat”. Oleh sebab itu, pihaknya beserta Satgas menyusuri lingkungan penduduk untuk melakukan sosialisasi mengenai protokol kesehatan ini.

“Terkait aktivitas jam malam, kami juga tetap berkoordinasi kepada pihak-pihak terkait agar masyarakat mematuhinya dan tidak melakukan aktivitas hingga pukul 9 malam. Berkat sosialisasi ini para pedagang musiman muludan saat ini sudah tidak ada. Mungkin karena pedagang juga takut tertular. Semoga warga kami terhindar dari wabah Covid-19,” imbuhnya.

Terkait hal ini, Ketua RW 01 Kesepuhan, Amir Hamzah mengatakan, di wilayahnya  sudah dua kali mengadakan sosialisasi dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Sejak adanya Surat Edaran dari Wali Kota, kami akan terus melakukan sosialisasi. Mudah-mudahan saja sosialisasi ini dapat menjegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya.(Jaka)