Ujang Busthomi Mengundurkan Diri dari Jabatan Ketua PC GP Ansor

564

SUMBER, (KC Online).-
Komandan Banser Kabupaten Cirebon, Abdul Rohman kini menjabat sebagai Plt Ketua Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor PCNU Kabupaten Cirebon. Diangkatnya Abdul Rohman karena ketua sebelumnya, Ustad Ujang Busthomi mengundurkan diri.
Surat pengunduran diri Ujang Busthomi dari Ketua PC GP Ansor Kabupaten Cirebon periode 2016-2020, dikeluarkan pada 20 Juli 2020 dan ditandatangani oleh yang bersangkutan. Dalam surat tersebut, Ujang Busthomi juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan kepada dirinya menjadi ketua GP Ansor.
Pengunduran diri Ujang Busthomi dan pengangkatan Pkt Ketua GP Ansor Kabupaten Cirebon masa khidmah 2016-2020 ini dibenarkan Ketua Tanfidziyah PCNU setempat, KH Aziz Hakim Syaerozi. Menurut dia, dalam hal pengunduruan diri di organisasi adalah hal biasa. Dan secara protap organisasi harus ada penggantinya.
“Ya itu protap organisasinya, jika ada yang mengajukan pengunduran diri. Hal biasa dalam organisasi,” ujar Kiai Aziz singkat, Senin (3/8/2020).
Sementara itu, Plt Ketua PC GP Ansor Kabupaten Cirebon, Abdul Rohman mengaku, menjadi Plt lantaran diamanati oleh seluruh kader GP Ansor Kabupaten Cirebon pada Sabtu (1/8/2020) malam. Sebab, Ustadz Ujang Busthomi mengundurkan diri karena terlalu sibuk. Salah satunya, menjadi artis Youtuber dan jumlah tamu yang setiap hari-harinya selalu banyak.
“Dari pada organisasi terbengkalai, akhirnya Ustadz Ujang memilih mengundurkan diri. Sebelumnya Ustadz Ujang juga pernah sebatas obrolan ingin mengundurkan diri. Namun, bentuk fisik surat pengunduran diri itu tidak ada,” ungkapnya.
Dirinya juga tahu betul kesibukan Ujang Busthomi setiap harinya. Bahakn, kata dia, tamu yang datang ke padepokan Ujang Busthomi setiap harinya tidak bisa dibendung. “Tamunya banyak sekali, tidak bisa dibendung. Setiap harinya saja, 50-100 orang. Termasuk sibuk menjadi youtuber,” katanya.
Sebagai kader militan, Rohman pun langsung berkomunikasi dengan Sekjen PC GP Ansor Kabupaten Cirebon untuk menggelar rapat pleno. Rapat pertama dilakukan di Ciwaringin. Namun, belum merujuk pada Plt ketua. “Lagi-lagi, karena bentuk fisik pengunduran diri tidak ada,” kata Komandan Banser ini.
Akhirnya, kata dia, seminggu kemudian kembali mengadakan rapat pleno kedua, sebagai bentuk antisipasi untuk mengadakan Plt dan persiapan konfercab PC GP Ansor yang akan dihelat 16 Oktober 2020 mendatang.
“Tapi, konfercab sendiri belum diketahui akan digelar tahun ini atau tidak, mengingat tahun 2020 masih pandemi Covid-19. Paling lama, akan dihelat 2021 mendatang,” katanya.
Tepat pertanggal, 20 Juli 2020, lanjut Abdul Rohman, Ustadz Ujang Busthomi resmi mengundurkan diri. Hasilnya, malam Minggu kemarin ada penunjukkan Plt PC PG Ansor. “Biasanya, kalau mengundurkan diri untuk Plt biasanya diangkat dari wakil ketua. Tapi, semuanya kader PC GP Ansor Kabupaten Cirebon menujuk saya,” katanya.
Sebagai kader, kata dia, tentunya siap menerima amanah tersebut sebagai Plt, untuk antisipasi atau penyelamatan organisasi ke depannya.(Ismail/KC Online)