UGJ Kurban Dua Sapi dan 14 Ekor Kambing

2
REKTOR Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon, H. Mukarto Siswoyo menyerahkan hewan kurban kepanitia kurban di Masjid Nurul Ilmi kampus UGJ setempat, Jumat (31/7/2020).*
REKTOR Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon, H. Mukarto Siswoyo menyerahkan hewan kurban kepanitia kurban di Masjid Nurul Ilmi kampus UGJ setempat, Jumat (31/7/2020).*

KESAMBI,(KC Online).-
Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon menggelar salat Iduladha di Masjid Nurul Ilmi Kampus 1 UGJ, Jumat (31/7/2020). Hadir pada acara tersebut Rektor UGJ Dr. H. Mukarto Siswoyo, Drs, M.Si para wakil rektor, para kepala lembaga, badan dan satuan serta para dekan.
Pelaksanaan salat Iduladha sendiri digelar sesuai dengan protokol kesehatan, di antaranya panitia menyediakan alat cuci tangan, pengecekan suhu tubuh dan ada pembagian masker gratis.
Rektor UGJ, H. Mukarto Siswoyo mengatakan, di tengah situasi pandemi Covid-19, pelaksanaan salat Iduladha dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, Mukarto juga mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak atau perorangan yang menitipkan hewan kurbannya kepada UGJ. Dan memilih Masjid Nurul Ilmi sebagai tempat pelaksanaan salat Iduladha.
“Saya ucapkan terimakasih kepada bapak dan ibu yang memercayakan untuk menitipkan hewan kurban di masjid kami. Insyallah kami salurkan kepada yang berhak,” kata Mukarto.
Khotib pada salat Iduladha, Dedi Muhammad Sidik mengatakan, sebagai manusia harus terus melanjutkan semangat berqurban di hari-hari berikutnya dalam sepanjang hidup. Menurutnya, dalam kehidupan sehari- hari harus dilakukan dengan kegiatan yang bermakna serta tidak bosan membantu saudara- saudara yang memerlukan bantuan.
“Berpikir dan bertindak untuk kemaslahatan orang banyak, bukan seorang egois yang hanya berpikir untuk kepentingan sendiri. Jika kita ikhlas melaksanakannya, kita akan merasakan hidup bahagia, dicintai sesama dan menjadi kekasih Allah ta’ala, Insya Allah,” katanya.
Setelah pelaksanaan salat Iduladha, dilakukan penyerahan hewan kurban dari Rektor UGJ kepada panitia penyembelihan hewan kurban. Jumlah hewan kurban sendiri sebanyak 2 ekor sapi dan 14 ekor kambing.
Sementara untuk penyembelihan hewan kurban dilaksanakan pada hari Sabtu (1/8/2020) di halaman Masjid Nurul Ilmi kampus 1 UGJ. Dari penyembelihan hewan kurban diperoleh 610 bungkus daging, setiap bungkusannya berisi 1/2 kg daging yang akan diserahkan kepada masyarakat yang berhak. (Iskandar/KC Online)