KPU Monitoring Pelantikan 951 PPS se-Kabupaten Indramayu

125

INDRAMAYU, (KC Online).- Sebanyak 951 petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu 2020, Senin (15/6/2020) se-Kabupaten Indramayu secara serentak dilantik. Pelantikan tersebut tersebar di 31 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Indramayu dengan tempat dan jadwal waktu yang berbeda.

Ditemui KC, Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Ahmad Toni Fatoni melalui Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan, Pitrahari ketika melakukan monitoring pelantikan 30 petugas PPS Kecamatan Sindang mengatakan, KPU Indramayu hari ini, Senin (15/6/2020) secara serentak melantik 951 anggota PPS se-Kabupaten Indramayu di 31 kecamatan.

Tetapi secara teknis di lapangan pelantikan tersebut didelegasikan ke pihak PPK kecamatan masing-masing.  Ke-951 petugas PPS itu, tersebar di 317 desa/kelurahan dengan masing-masing desa/kelurahan sebanyak 3 petugas PPS.  “Sesuai anjuran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Indramayu, dalam pelantikan ini semua yang hadir termasuk para PPS harus menerapkan protap kesehatan. Seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, mengukur suhu badan,” terangnya.

Dikatakan dia, karena sudah diputuskan KPU-RI bila tahapan lanjutan Pilkada serentak 2020 dimulai pada 15 Juni 2020 maka setelah pelantikan akan dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan lainnya, antaranya bimbingan teknis PPS untuk persiapan verifikasi faktual dukungan perseorangan di mana di Indramayu sudah ada pasangan calon perseorangan.

Akibat Covid-19, ada 4 kegiatan yang tertunda yaitu pelantikan petugas PPS, verifikasi faktual, pembentukan PPDP dan coklit. “Salah satu tugas PPS yakni mengangkat KPPS dan menyusun data pemilih ditingkat desa/kelurahan masing-masing,” katanya.

Mengingat Pilkada serentak akan dimulai 9 Desember 2020, sambung dia, maka tahapan lanjutan akan dimulai pada 15 Juni 2020. Dengan harapan, melalui pelantikan PPS ini ke depan dapat dilaksanakan dan dilanjutkan meski waktunya sudah mepet. “Semoga SDM yang direkrut bisa memenuhi kualifikasi dan sesegera mungkin dapat menyesuaikan diri dengan beban kerja yang sedemikian berat demi suksesnya penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu 9 Desember 2020 mendatang,” terangnya.

Terpisah Ketua PPK Kecamatan Sindang, Suripto menyampaikan, mengingat Kecamatan Sindang hanya terdiri dari 10 desa maka pihaknya melantik sebanyak 30 petugas PPS, pelantikan ini merupakan pendelegasian yang diterima dari pihak KPU.  “Berharap, para PPS yang dilantik ini dapat bekerja sesuai dengan ketentuan yang ada. Sehingga, pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu 9 Desember 2020 berjalan sukses dan lancar,” pungkasnya. (Ratno/ Wawan/KC)