DKP Kerjasama PD BWI Salurkan Bansos Terdampak Covid-19

110

INDRAMAYU, (KC Online).- Sesuai petunjuk Pemerintah Pusat agar Pemerintah Daerah (Pemda) mendayagunakan pihak BUMN maupun BUMD yang ada di daerah dalam penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) terdampak Covid-19, Pemkab Indramayu melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) bekerjasama dengan pihak PD Bumi Wiralodra Indramayu (BWI) setempat dalam bentuk penyaluran paket sembako terdampak Covid-19.

“Penyaluran Bansos Covid-19 Kabupaten Indramayu tahap 1 telah tersalurkan pada Mei 2020 lalu,” kata Asisten Daerah (Asda 2) Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Indramayu, H.Maman Kostaman kepada KC di ruang kerjanya kemarin.

Menurutnya, nominal penyaluran Bansos Covid-19 Kabupaten Indramayu per KK sebesar Rp 500 ribu yang diuraikan dalam bentuk sembako sebesar Rp 350 ribu berisikan beras seberat 20 Kg beserta lauk pauk serta uang tunai sebesar Rp 150 ribu dan sesuai aturan yang ditetapkan penyaluran paket sembako tersebut terjaga, baik secara kuantitas maupun kualitasnya.

Artinya, pihaknya lebih mengutamakan kuantitas dan kualitas agar penyaluran paket sembako benar-benar dapat dimanfaatkan oleh para penerima. “Paket sembako terdampak Covid-19 itu, disalurkan selama tiga bulan yakni Mei-Juli 2020,” terangnya.

Data realisasi Bansos Covid-19 Kabupaten Indramayu, kata Maman, jumlah kuota penerima sebanyak 24.914 dan telah tersalur pada tahap 1 sebanyak 23.304 sisanya yang belum tersalur sebanyak 2.949 rencananya akan disalurkan bebarengan dengan penyaluran tahap 2.

Belum tersalurnya jumlah yang dimaksud disebabkan karena faktor double  penerimaan bantuan dengan progam lain, alamat penerima yang tidak jelas maupun nama penerima sudah pindah domisili. Meski demikian, Pemkab Indramayu masih membuka kran bagi desa-desa yang warganya belum menerima Bansos Covid-19 Kabupaten Indramayu. “Pihak pemerintah desa bisa mengajukan data nama-nama warganya yang belum menerima Bansos Covid-19 Kabupaten Indramayu ke Dinas Sosial (Dinsos) setempat, kemudian data tersebut akan dilakukan verifikasi oleh pihak Dinsos,” jelasnya.

Masih kata dia, dalam penyaluran Bansos Covid-19 Kabupaten Indramayu terbilang kondusif dan lancar, apabila tidak ada halangan rencananya Bansos Covid-19 Kabupaten Indramayu untuk tahap 2 akan disalurkan pada hari ini, Senin (15/6/2020). Dengan harapan, penyaluran bansos ini dapat membantu meringankan beban terdampak Covid-19. “Semoga para penerima Bansos Covid-19 Kabupaten Indramayu dapat memanfaatkannya dengan baik,” katanya.

Sementara Kepala DKP Kabupaten Indramayu, Erpin Marpinda melalui Sekretaris DKP, Hj.Tati Rahmawati berharap bantuan yang diberikan oleh pemerintah dapat diterima dengan penuh rasa syukur dan dapat bermanfaat serta dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari agar tidak kekurangan pangan, program ini sangat membantu masyarakat untuk meningkatkan ketahanan pangan.

“Bagi warga yang ingin mengambil Bansos Covid-19 Kabupaten Indramayu agar tetap mengikuti protap kesehatan dan selalu rutin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker, tetap menjaga jarak serta mengikuti antrean dengan sabar. Karena, data yang tertera di dalam ‘By Name By Addres’ pasti kebagian,” imbaunya. (Ratno/KC)