Covid-19 Masih Landai, Pemkab Segera Buka Sektor Pariwisata

103

SUMBER, (KC).- Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar  (PSBB) Proporsional menuju Adaptasi Kebiasaan Baru atau PSBB Jilid III di Kabupaten Cirebon berakhir Jumat (12/6/2020). Namun hasil evaluasi tingkat Jawa Barat oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar, kewaspadaan Covid-19 di Kabupaten Cirebon masih berada pada dilevel dua atau zona biru.

Bupati Cirebon,  Imron Rosyadi usai mengikuti video conference (Vicon) evaluasi PSBB dengan Gubernur Jabar menjelaskan, penilaian zona biru diakhir masa pemberlakuan PSBB proporsional membuktikan bahwa kasus Covid-19 Kabupaten Cirebon masih landai. “Artinya Cirebon landai dan di PSBB yang ketiga, karena zona biru, maka untuk pariwisata boleh dibuka kecuali hiburan malam dan bioskop,” ujar Imron.

Menurut Imron, pembukaan kembali pariwisata akan resmi dilakukan minggu depan, namun tetap harus mengikuti protokol kesehatan.   Penerapan protokol kesehatannya sendiri, kata Imron, menjadi tanggungjawab penyelenggara pariwisata. “Karena Cirebon ini level biru, jadi istilahnya kita ini adaptasi kebiasaan baru (AKB) tapi tetap dengan langkah-langkah pengawasan. Jadi, ibadah, ekonomi dan pariwisata dibuka tapi tetap dengan protokol kesehatan,” papar Imron.

Sementara, juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Nanan Abdul Manan, menyampaikan, setelah PSBB proporsional berakhir, Pemkab Cirebon masih menunggu arahan dari Pemprov Jabar terkait kemungkinan diperpanjangnya PSBB proporsional atau sebaliknya, Kabupaten Cirebon menerapkan AKB. Pasalnya, dua kemungkinan tersebut harus seizin Kementrian Kesehatan (Kemenkes). “Apakah PSBB proporsional ini dilanjutkan atau AKB, itu menunggu izin dari kemenkes dan dikolektifkan ke provinsi untuk diajukan sama-sama ke kemenkes,” kata Nanan.

Saat ini, sambung Nanan, Gugus Tugas sedang menyusun surat usulan dan menunggu perkembangan dari bagian hukum yang dilakukan berdasarkan kajian epidemiologi. “Kemudian bagian hukum pastinya menunggu dari biro hukum provinsi. Tim yang menilai level kewaspadaan itu dari provinsi dan hasil evaluasi tadi Kabupaten Cirebon level kewaspadaannya masih warna biru,” ucapnya. (Mamat/KC)