RW 13 TKP dan FGC Dirikan Posko Covid-19 dan Penyemprotan Disinfektan Tahap 2

272

CIREBON,(KC Online).-

Guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19, RW 13 Taman Kalijaga Permai (TKP) Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti mendirikan Posko Waspada Covid-19 di pintu gerbang perumahan setempat, Minggu (19/4/2020).

Menurut Ketua RW 13 TKP, Abdul Hadi, pihaknya mendirikan Posko Waspada Covid-19 sebagai salah satu upaya untuk memutus penyebaran virus yang menjadi wabah global ini.

“Wilayah RW 13 TKP sangat luas, yakni memiliki 15 RT, bahkan jadi akses masuk Perumahan Permata dan Keandra bahkab Pamengkang, sehingga diperlukan kesiapsiagaan terhadap lalu lintas orang,” ujar Abdul Hadi.

Ia menjelaskan, seiring dengan penetapan Kota Cirebon sebagai zona merah dan adanya informasi mengenai warga Perumnas yang diduga positif virus Corona, maka diperlukan kewaspadaan agar Covid-19 tidak semakin menyebar.

“Kewaspadaan itu salah satu caranya dengan mendata warga pendatang yang masuk RW 13 TKP. Oleh karena itu kepada ketua-ketua RT agar pro aktif mendata warga pendatang di lingkungannya masing-masing,” ucap dia.

Berkaitan dengan pendirian Posko Waspada Covid-19 ini sudah dikoordinasikan dengan Lurah Kalijaga dan Camat Harjamukti. 

“Kegiatan ini merupakan instruksi dari Ibu Lurah, yakni RW-RW agar mendata warga pendatang. Bahkan mereka mengapresiasi inisiatif yang dilakukan masyarakat untuk membantu penanganan Covid-19 yang kini sedang digalakan Pemerintah,” tutur Abdul Hadi.

Abdul Hadi menjelaskan, di posko tersebut nantinya warga yang masuk ke RW 13 TKP akan diperiksa, jika ada yang kedapatan membawa saudara atau famili yang dari luar kota maka akan diberi edukasi.

Selanjutnya bagi warga pendatang untuk melakukan karantinam mandiri. Datanya kemudian disampaikan ke kelurahan.
Ia mengungkapkan, dalan kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Forum Gerak Cepat (FGC) yang merupakan kumpulan anak muda yang peduli terhadap masalah sosial.

Pada bagian lain Abdul Hadi menambahkan, selain mendirikan Posko Waspada Covid-19, pihaknya juga melakukan penyemprotan disinfektan tahap 2 di seluruh wilayah RW 13.

“Kegiatan ini juga sebagai upaya memutus mata rantai virus Corona. Kegiatan ini terselenggara atas dukungan semua pihak. Terakhir kami mohon maaf kepada warga sekitar jika dalam aktivitas pendirian posko ini sejumlah akses jalan yang masuk ke RW 13 untuk sementara ditutup sampai waktu yang belum ditentukan,” imbuh dia. (Taufik)